Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah di Masjid Al Falah Kebanggaan Warga Tanah Bumbu

- 10 April 2024, 06:44 WIB
Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah di Masjid Al Falah Kebanggaan Warga Tanah Bumbu
Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah di Masjid Al Falah Kebanggaan Warga Tanah Bumbu /Doc. Khairil Ansyari/

OkeTanbu, Pikiran Rakyat - Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Rabu 1 Syawal 1445 Hijriyah atau 10 April 2024 di lapangan Masjid Agung Al-Falah, Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan benar meriah terlihat padat dan penuh jemaah.

Sejumlah garis pembatas shaf untuk jemaah pria maupun wanita terisi penuh. Sebagian besar jemaah sampai tidak mendapatkan tempat di dalam masjid, yang akhirnya disediakan tenda untuk alas sajadah para jemaah di halaman sampai jalan raya.

Sejumlah aparat keamanan dari kepolisian dan security masjid juga terlihat mengawasi dan mengarahkan setiap jamaah yang masuk ke dalam lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri.

Dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri yang dimulai pada Pukul 07.30 WITA tersebut, menjadi kebanggaan warga Simpang Empat, Tanah Bumbu yang pada setiap tahunnya jemaah yang terus bertambah.

Sejarah Pembangunan Masjid Agung Al-Falah

Pembangunan Masjid Agung Al-Falah yang memiliki gaya arsitektural khas Timur Tengah dengan Kubah Besar dan Menara yang menjulang tinggi ini dimulai pada bulan April 2014 silam.

Pembangunan Masjid Al-Falah ini mengadopsi gaya khas Timur Tengah, dan beberapa desain khas Provinsi Kalimantan Tengah di bagian interior bangunan utamanya.

Bangunan utama masjid ini berdiri di lahan seluas 1,6 hektar. Pembangunannya dibiayai oleh pengusaha muslim kaya raya, Haji Samsuddin Andi Arsyad atau kerap dipanggil dengan nama Haji Isam, Pendiri perusahaan Jhonlin Grup.

Karena dibangun sebagai Masjid yang super luas dan megah, tentu saja ribuan pengunjung dapat ditampung sekaligus. Selain bangunan utama yang memiliki luas yang besar, tentu saja kapasitas parkir yang disediakan juga sangat luas.

Halaman:

Editor: Dewi Mutmainnah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah