1.692 Mahasiswa terpilih sebagai peserta Indonesian International Student Mobility Awards 2023

- 4 Mei 2023, 17:05 WIB
Penerima Beasiswa IISMA Bakal Mengikuti Mobilitas Internasional ke Perguruan Tinggi terbaik Dunia
Penerima Beasiswa IISMA Bakal Mengikuti Mobilitas Internasional ke Perguruan Tinggi terbaik Dunia /Laman iisma.kemdikbud.go.id/

OKETANBU, Pikiran Rakyat - Sebanyak 1.692 mahasiswa yang terdiri atas 1.132 mahasiswa program sarjana dan 560 mahasiswa program vokasi terpilih sebagai peserta Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023. Pengumuman kelulusan para peserta seleksi disampaikan pada Jumat, 14 April 2023. 

Animo mahasiswa untuk mengikuti program IISMA semakin tinggi, sehingga kami harus melakukan serangkaian proses seleksi dengan sangat ketat.

Peserta sebanyak 1.692 ini adalah mereka yang berhasil memenuhi seluruh persyaratan dan lulus pada seluruh tahapan seleksi,” terang Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya dilansir dari laman Kementerian Pendidikan pada Rabu, (19/4/2023) bulan lalu

Mahasiswa yang terpilih berkesempatan untuk mengikuti mobilitas internasional ke perguruan tinggi terbaik dunia selama satu semester atau selama 4–6 bulan. Seluruh biaya ditanggung oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Baca Juga: 600 Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat aktif berwirausaha untuk biayai kuliyah sendiri

Melalui program IISMA ini, mahasiswa akan mendapatkan rekognisi dalam bentuk satuan kredit hingga 20 satuan kredit semester (SKS) di perguruan tinggi asal masing-masing.

IISMA telah diselenggarakan sejak 2021 untuk jalur sarjana, sedangkan jalur vokasi baru dibuka pada 2022. Program ini mencapai angka pendaftar tertinggi pada pelaksanaan tahun 2023 yakni sebanyak 9.116 mahasiswa jenjang sarjana dan diploma yang resmi terdaftar sebagai calon peserta.

Terdapat 140 mitra perguruan tinggi luar negeri di 27 negara yang bergabung pada IISMA 2023. Di antara deretan mitra perguruan tinggi, terdapat nama perguruan tinggi top dunia yang termasuk dalam peringkat 20 besar pada QS World University Ranking, yaitu University of Cambridge, University College London, University of Chicago, University of Pennsylvania, The University of Edinburgh, Yale University, dan Nanyang Technological University.

Halaman:

Editor: M. Khairil Ansyari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x