Kunci Utama! Ini Trik Ampuh untuk mendapatkan modal usaha, Bisa diterapkan untuk warga Kabupaten Tanah Bumbu

- 6 Mei 2023, 17:48 WIB
8 Cara mendapatkan modal usaha dengan mudah
8 Cara mendapatkan modal usaha dengan mudah /Freepik @jcomp

OKETANBU, Pikiran Rakyat - Halo guys, seperti yang kamu ketahui bahwa modal merupakan hal yang sangat penting untuk dapat menjalankan sebuah usaha. Tanpa adanya hal tersebut maka sebuah bisnis akan sulit dijalankan bahkan dikembangkan.

Nah, bagi kamu yang kini sedang berencana memulai bisnis tapi masih bingung mengenai cara mendapatkan modal usaha, tidak usah khawatir. Karena kali ini kami akan membagikan tips dan cara-cara yang tentunya bisa kamu coba terapkan. Jadi tunggu apa lagi, yuk simak artikel berikut. 

1. Mencari investor

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari investor. Pada dasarnya investor adalah orang atau kelompok yang memberikan uang mereka kepadamu sebagai modal usaha dengan harapan bisnismu akan memberikan mereka keuntungan. Nah, investor ini dapat berasal dari berbagai pihak, bisa teman, keluarga, atau rekan bisnis. 

Namun, perlu untuk diketahui bahwa untuk mendapatkan investor ini kamu perlu meyakinkan mereka dengan rencana dan penjelasan bisnis yang jelas. Semua hal mulai dari dari model bisnis, business plan, hingga proposalnya harus dapat kamu persiapkan dengan baik. 

Selain teman dan keluarga, kamu juga bisa mencari investor dari berbagai perusahaan yang memiliki fokus dalam pengembangan bisnis kecil. Dalam hal ini kamu bisa mengikuti berbagai workshop, pelatihan, atau audisi bisnis agar dapat mendapatkan suntikan dana sebagai modal usaha.

Di samping itu, ada salah satu cara yang cukup menyita perhatian para calon pengusaha beberapa waktu terakhir yaitu dengan angel investor. Angel investor ini biasanya dikenal dalam dunia start-up, mereka umumnya adalah orang-orang kaya yang pada dasarnya tidak terlalu takut akan resiko kerugian pada usahamu.

Tapi, sebagai gantinya mereka biasanya akan mendapatkan kepemilikan saham atau sebagian kendali atas bisnismu. Angel investor ini juga dapat berasal dari keluarga ataupun rekan bisnis

2. Memanfaatkan bantuan pemerintah

Halaman:

Editor: M. Khairil Ansyari

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah