Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah Sosialisasi Rekrutmen Komcad Matra Darat

- 28 Mei 2024, 23:42 WIB
Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah Sosialisasi Rekrutmen Komcad Matra Darat
Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah Sosialisasi Rekrutmen Komcad Matra Darat /

OkeTanbu, Pikiran Rakyat - Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah menggelar Sosialisasi Rekrutmen Personel Komcad (Komponen Cadangan) Matra Darat TA 2024 dari Ditjen Pothan Kemhan RI.

Sedikitnya 50 orang mengikuti sosialisasi bertempat di Aula Sapta Marga di Jalan Telaga Padawangan Kelurahan Barabai Timur Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Selasa (28/05/2024).

Dalam sambutan Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim 1002/HST Kapten Inf Moh. Alip Suoro mengatakan bahwa Komponen Cadangan merupakan program dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia. Dikutip dari laman resmi Kemenhan, berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, Komponen Cadangan atau Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

“Komcad terbagi menjadi empat, yaitu Komcad sumber daya manusia (SDM), Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan dan Komcad sarana dan prasarana. Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat militer atau bencana alam. Mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI untuk kepentingan pertahanan negara.

Lanjutnya, dalam amanah UU RI No.23 Tahun 2019, Komcad merupakan aplikasi dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata). Sishankamrata merupakan sistem yang disusun berdasarkan falsafah undang-undang dasar dengan tujuan untuk mewujudkan ketahanan nasional Indonesia yang merupakan Strategi pertahanan Negara.

“Maka, perekrutan dan sosialisasi Ini kita lakukan karena bangsa Indonesia membutuhkan generasi penerus yang lebih berkarakter dan berwawasan kebangsaan yang tinggi. Komcad merupakan sumber daya nasional yang disiapkan untuk di gerakan melalui mobilisasi guna memperbesar kekuatan utama TNI,”

Komcad sendiri bukan wajib militer. Komcad adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019. Setelah dilatih dan ditetapkan, mereka kembali ke masyarakat sesuai profesi masing-masing dengan status sebagai orang sipil.

“Untuk diketahui, Kodam VI/Mulawarman membuka sebanyak 1000 rekrutmen,” pendaftaran dimulai pada 1 Mei hingga 7 Juni. Adapun untuk pendaftaran secara daring oleh calon komcad bisa melalui situs https://komcad.kemhan.go.id/, selanjutnya dilakukan seleksi terdiri dari tes administrasi dan tes kemampuan, dilanjutkan dengan seleksi berlangsung di Resimen Induk Kodam (Rindam) VI/Mulawarman,” jelasnya.(pen1002hst).

Editor: Dewi Mutmainnah


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah